welcome to my blog. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

this is my blog,,,,,if you want join me, follow me n lets see more

RPP IPA TERPADU Energi dan Perubahannya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            : IPA TERPADU
Satuan Pelajaran          : SMP/MTs
Kelas/ Semester           : VIII / 2
Pokok Bahasan           : Energi dan perubahannya
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.    Satandar Kompetensi
5.   Memahami peranan usaha, gaya, energi dalam kehidupan sehari – hari
B.     Kompetensi Dasar
5.3  Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya  “ prinsip usaha dan energi “ serta penerapannya dalam    kehidupan sehari – hari.

C.    Indikator
Produk
1.         Menjelaskan pengertian dan macam -  macam energi.
2.         Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
3.         Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
Proses
1.      Mengamati perubahan energi dan menganalisis perubahan energi yang terjadi


Psikomotor
1.       Merangkai alat dan bahan untuk mengamati perubahan energi yang terjadi.
Afektif
1.      Karakter : Jujur, bertanggung jawab, berani berbicara salah atau benar, teliti
2.      Keterampilan sosial : Bekerja sama, menyampaikan pendapat, menangggapi pendapat orang lain.

D.    Tujuan
Produk
1.            Diberikan informasi tentang energi siswa dapat menjelaskan pengertian energi.
2.            Diberikan informasi tentang perubahan siswa dapat menyebutkan bentuk – bentuk energi dalam kehidupan sehari – hari.
3.            Diberikan berbagai macam alat – alat dalam kehidupan sehari – hari yang ada kaitannya dengan perubahan energi siswa dapat menyebutkan perubahan energi yang terjadi.
4.            Diberikan informasi tentang usaha siswa dapat menjelaskan hubungan energi dengan usaha.
Proses
Disediakan bola lampu, baterai dan kabel yang menghubungkannya siswa dapat :
1.         Mengamati perubahan energi apa saja yang terjadi ketika bola lampu dinyalakan dan mampu menganalisis perubahan energi yang terjadi.


Psikomotor
1.      Diberikan alat dan bahan siswa dapat merangkai alat untuk mengamati perubahan energi dan hubungan energi satu dengan enrgi yang lainnya.
Afektif
1.         Karakter : Siswa mengamati kejadian dalam percobaan dan mencatat data sesuai dengan hasil pengamatan dengan jujur, serta menyampaikan hasil kerjanya dengan penuh tanggung jawab dan teliti.
2.         Keterampilan sosial : Siswa bekerjasama dalam kelompoknya.

E.     Materi
Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha.
Bentuk-bentuk energi antara lain energi kimia, energi listrik, energi bunyi, energi kalor, energi cahaya, energi pegas, energi nuklir, dan energi mekanik. Suatu bentuk energi dapat berubah menjadi bentuk energi yang lain. Misalnya:
1.      Energi listrik menjadi energi panas, contoh: setrika listrik, kompor listrik, dan solder.
2.      Energi mekanik menjadi energi panas, contoh: menggosokkan tangan.
3.      Energi mekanik menjadi energi bunyi, contoh: bertepuk tangan dan memukul benda.
4.      Energi kimia menjadi energi listrik, contoh: baterai dan aki.
5.      Energi listrik menjadi energi cahaya dan kalor, contoh: bohlam lampu yang berpijar.
6.      Energi cahaya menjadi energi kimia, contoh: proses pemotretan hingga menjadi foto.
F.      Model dan metode pembelajaran
Model Pembelajaran               : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Metode Pembelajaran             : Percobaan, diskusi dan ceramah

G.    Kegiatan Belajar Mengajar
A.          Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Fase 1, menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.
1. Guru memberi  motivasi siswa dengan membawa senter. Selanjutnya guru menyuruh siswa mengamati apa yang terjadi saat senter dinyalakan. Guru mengarahkan jawaban siswa bahwa energy dapat berubah bentuk menjadi energy lain.
Fase 2, menyajikan informasi.
2.Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini yang terkait dengan indikator yang harus dicapai siswa.
3.Guru menjelaskan tentang materi energy dan perubahannya.
B.           Kegiatan Inti (60 menit)
Fase 3, mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar.
1.   Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Kelompok tersebut diberi nama sesuai keinginan siswa.
2.   Guru membagikan LKS : Perubahan bentuk energi
3.   Guru menjelaskan cara pengerjaan LKS tersebut.
4.   Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya jika terdapat prosedur kerja yang tidak dimengerti.
Fase 4, membimbing kelompok bekerja dan belajar
5.   Guru meminta siswa untuk melaksanakan kegiatan.
6.   Guru membimbing siswa mengerjakan LKS secara berkelompok.
Fase 5, evaluasi
7.   Guru bersama siswa merangkum tentang materi energy dan perubahannya.
8.   Setelah selesai mengerjakan LKS guru mengadakan kuis pada masing – masing siswa untuk menunjukkan apa yang telah siswa pelajari selama bekerja dalam kelompok. Hasil evaluasi digunakan sebagai nilai perkembangan individu dan disumbangkan sebagai nilai perkembangan kelompok.
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
1.      Guru memberi tugas secara individu untuk membaca topic bahasan selanjutnya mengenai usaha..
Fase 6, memberikan penghargaan
2.      Guru member penghargaan pada masing – masing kelompok didasarkan pada nilai kelompok.
H.    Sumber Belajar         : Buku IPA SMP, LKS, sumber lain dari internet.
I.       Alat dan Bahan
Bola lampu kecil         1 Buah
Baterai                         3 Buah
Kabel                           Secukupnya
Termometer                 1 Buah
J.      Penilain
Jenis tagihan             : tes
Teknik                      : tes harian, praktikum
Bentuk instrumen     : uraian, unjuk kerja

Mengetahui :                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP…………                                                                       


            ……………………….                                               ………………………
            NIP………………….                                                            NIP………………….

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Reva Iasha mengatakan...

jika ini pelajaran IPA terpadu.. bagian mana yg di padukan? apakah tergolong connected, webbed atau kah integreted?

oia, jangan lupa follow back blog q ia :)

Yeni Arista(093654036) mengatakan...

HEEE...rpp ini belum terpadu,,cma judulnya saja,,hee

Posting Komentar